Tuesday, March 6, 2012

Permasalahan Lingkungan

Lingkungan merupakan tempat manusia melangsungkan kehidupan, tempat beraktifitas dan berinteraksi dengan lingkungan biotik maupun abiotik. Kehidupan manusia bergantung pada lingkungan. Dengan lingkungan yang aman dan nyaman dapat menunjang kehidupan masyarakat. 

Akan tetapi, fakta yang ada di era abad 20-an ini keadaan lingkungan sudah tidak tertata lagi. Salah satu penyebab utamanya adalah
pertumbuhan penduduk yang sangat cepat. Lingkungan di paksa untuk memenuhi kebutuhan sekian banyak orang. Akibatnya,banyak  permasalahan lingkungan  yang muncul, mulai dari tumbuhnya permukiman kumuh, masalah persampahan, dan sanitasi. Kita ambil contoh sampah, semakin bertambahnya jumlah penduduk mengakibatkan  tingkat konsumsi terhadap suatu barang atau produk akan semakin meningkat, secara otomatis sisa dari konsumsi (sampah) tersebut juga akan maningkat. Sedangkan ketersedianan tempat pembuangan sampah tidak memadaikarena sampah sudah melebihi kapasitas. Karena intensitas  sampah sudah melebihi kapasitas tempat pembuangan sampah kita seringkali membuang sampah sembarangan dan muncullah tempat-tempat pembuangan sampah yang illegal, seperti sungai yang seakan-akan beralih fungsi menjadi tempat sampah. Tanpa kita sadari perbuatan tersebut akan menyebabkan permasalahan lingkungan. Memang sampah yang kita buang dalam skala kecil, akan tetapi apabila  dilakukan secara terus menerus akan berskala besar dan menimbulkan dampak seperti banjir.

Masalah-masalah tersebut dapat merugikan masyarakat karena bukan hanya menyebabkan kerugian dan permasalahan lingkungan saja, tetapi juga kepada masyarakat sebgai subjek yang sangat berperan penting dalam memanfaatkan dan mengolah lingkungan.


by : Kelompok 2

No comments:

Post a Comment