Tuesday, March 6, 2012

Kawasan Pesisir


Indonesia merupakan sebuah Negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pesisir.  Sayangnya saat ini kawasan pesisir masih dianggap sebagai “halaman belakang”. Padahal banyak potensi di Indonesia yang justru dapat ditemukan di kawasan pesisir. Jika potensi di pesisir ini dimaksimalkan, tentunya banyak keuntungan terutama dalam hal ekonomi yang akan didapat Indonesia. Hal ini sekaligus untuk menyejahterakan masyarakat pesisir. Salah satunya dengan cara mengembangkan kawasan pesisir menjadi daerah pariwisata.

Beberapa masalah yang dihadapi oleh kawasan pesisir diantaranya adalah
abrasi dan masalah sampah. Abrasi di kawasan pantai menyebabkan kawasan yang sudah di tata sedemikian rupa menjadi rusak. Ditambah lagi masalah sampah, baik itu sampah yang disebabkan oleh pengunjung atau sampah kiriman dari laut yang biasanya terjadi musiman.

Permasalahan lainnya yaitu dalam hal penyediaan air bersih yang masih kurang. Kebanyakan air yang tersedia di kawasan pesisir adalah air asin yang tidak dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Penyediaan air tawar harus ditambahkan.

Untuk ke depannya diharapkan Pemerintah Daerah di kawasan pesisir tersebut bisa lebih memperhatikan masalah-masalah ini.  Sehingga terjadi pemerataan pembangunan antara kawasan pusat kota dengan kawasan pesisir.

Nama Anggota Kelompok 7
1   . Bagiar Adla Satria
2   . Sonya Khaerunnisa
3   . Fitri Ulviani
4   . Eka Putri Anugrahing W
5   . Kusumaning Dyah Larasati
6   . I Putu Praditya A
7   . Gusti Anugrah Rahadyan
8   . Dewine Emeralda

1 comment:

  1. mau nanya nih sekedar pengetahuan umum aja : ada yang bisa jawab kawasan ITS institut teknologi sepuluh nopember ini termasuk kawasan pesisir bukan ya kalo bisa tinjau dari undang-undang no 7 tahun 2007

    ReplyDelete