Tuesday, March 6, 2012

PMT Indah dengan Pohon Buah

Akhir-akhir ini cuaca di Surabaya cukup panas dengan suhu yang cukup tinggi. hal ini merupakan salah satu dampak dari pemanasan global. Untuk mengatasi masalah ini, ITS telah mencanangkan program eco campus sebagai salah satu usaha untuk mengatasi masalah pemanasan global. Namun di ITS masih ada beberapa titik yang gersang dan kurang hijau, salah satunya adalah kampus PWK ITS. saat cuaca panas, terik matahari begitu terasa, sedangkan saat hujan, kawasan kampus PWK ITS sering banjir karena kurangnya resapan air. Untuk mengatasi masalah ini kami merencanakan program penghijauan di kawasan tersebut. Namun dalam program ini, kami tidak menggunakan pohon-pohon biasa melainkan menggunakan pohon buah agar dalam waktu jangka panjang akan menghasilkan buah yang dapat bermanfaat bagi seluruh civitas akademika PWK ITS.


Sebenarnya program ini sama dengan penghijauan pada umumnya, hanya berbeda pada penggunaan pohon buah. tetapi dalam pelaksanaannya juga dibutuhkan integrasi antar mahasiswa PWK karena kondisi tanah di PWK termasuk gersang dan berpasir sehingga butuh perawatan yang tidak mudah. Kondisi tanah seperti ini bisa membuat pohon buah yang ditanam tidak tumbuh dengan baik karena kurangnya kadar air di dalam tanah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan penyiraman yang intensif dan dengan memberikan pupuk yang cukup banyak. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menggemburkan tanah di PWK adalah dengan menanam daun-daun yang kering di dalam tanah.

Berdasarkan observasi yang telah kami lakukan pada tanggal 1 Maret 2012, lokasi yang bisa ditanami pohon ada dua titik, yang pertama di sebelah barat gedung A PWK, yang luasnya sekitar 360 m2. Pada lokasi pertama rencananya akan dibuat taman sehingga kami memilih pohon jeruk yang cukup rimbun tapi tidak terlalu tinggi sehingga terlihat lebih indah. lokasi kedua terdapat di sebelah selatan gedung A PWK, yang akan ditanami pohon jambu karena pohon jambu cukup rindang namun tidak memiliki akar yang cukup besar. selain itu di dua titik di sebelah selatan gedung A juga akan ditanami pohon cabai untuk keindahan di gedung PWK.

Program ini juga merupakan implementasi dari peran dan fungsi mahasiswa. Dengan adanya penghijauan dengan pohon buah di kawasan kampus PWK ITS, akan ada perubahan dari gersang menjadi hijau, dan tidak seperti penghijauan pada umumnya, kami membawa perubahan dengan menggunakan pohon buah-buahan (agent of change). Selain itu kami juga mengajak mahasiswa lain untuk menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar (social control).

No comments:

Post a Comment